Senin, 25 Agustus 2008

Awas! Bahaya Melalaikan Shalat

>Sopian Muhammad


Meninggalkan perintah shalat ternyata memang tidak bisa dianggap ringan, meskipun banyak umat Islam sendiri yang meng¬anggapnya demikian. Padahal orang yang melalaikan pe¬rintah shalat termasuk golongan orang-orang kafir.
“Barangsiapa yang meninggalkan shalat dengan se¬nga¬ja, maka ia benar-benar telah kafir dengan terang-te¬rangan.” (HR. Thabrani)
“Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat. (yaitu) Orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (Al Maa’uun : 4-5)
Lantas apa balasan bagi mereka yang melalaikan perintah shalat? Allah berfirman :
“Apakah yang memasukkan kamu dalam Saqar (neraka) ? Mereka menjawab, ‘Kami dahulu tidak termasuk orang-o¬rang yang mengerjakan shalat.” (Al Muddatstsir : 42-43)
Sebuah riwayat menyebutkan, “Orang yang mening¬gal¬kan shalat akan didatangkan pada hari Kiamat dengan tiga ka¬limat yang tertulis pada wajahnya. Kalimat pertama ber¬bunyi; “Hai orang-orang yang menyia-nyiakan hak Allah,” ka¬limat ke¬dua; “Hai yang dikhususkan dengan kemurkaan Allah,” ka¬limat ketiga; “Sebagaimana kamu telah menyia-nyi¬akan hak Allah di dunia pada hari inipun kamu terputus dari rahmat Allah.”
Dari riwayat lain, bahwa Fatimah Az Zahra putri Rasu¬lullah Saw bertanya pada Rasullah tentang akibat me¬ning¬galkan shalat. Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang me¬remehkan dengan shalatnya maka Allah memberikan lima belas bala atau siksa. Enam bala di dunia, tiga menjelang kematian, tiga dalam kubur, dan tiga bala di hari Kiamat.”
Berdasarkan riwayat tersebut dipaparkan bahwa pem¬ba¬gian bala itu mencakup:
a. Enam bala di dunia meliputi: 1) diangkatnya ber¬kah umur seseorang oleh Allah; 2) meng¬hi¬lang¬kan berkah dari rizkinya; 3) dihapusnya caha¬ya keshalihan di wajahnya; 4) tidak terangkat se¬lu¬ruh amalnya di hadapan Allah; 5) tidak ter¬angkat do’anya ke langit; 6) tidak mendapatkan do’a dari orang-orang shalih.
b. Tiga bala menjelang kematian yakni: 1) mati da¬lam keadaan terhina; 2) mati dalam keadaan lapar ; 3) mati dalam keadaan haus, sekalipun sean¬dainya diberikan kepadanya air di sungai-sungai di dunia maka tidak akan terhapus kehausannya.
c. Tiga bala di alam kubur: 1) Allah kirim malaikat ke dalam kubur dengan keadaan yang mena¬kut¬kan; 2) kuburnya disempitkan; 3) kuburnya gelap gulita.
d. Tiga bala di hari Kiamat: 1) Malaikat menyeret wa¬¬jahnya yang disaksikan seluruh mahluk; 2) di¬hi¬sab dengan perhitungan yang sulit; 3) Allah me¬malingkan wajahnya dan baginya azab yang pe¬dih.

Meninggalkan shalat, ternyata tidak hanya mencelakakan orang yang meninggalkannya. Sebab tegak tidaknya Islam, ju¬ga tergantung pada umat Islam sendiri dalam melaksanakan sha¬lat dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Rasulullah Saw bersabda, “Shalat adalah tiang agama. Ba¬rangsiapa yang mendirikannya (shalat), maka ia mene¬gakkan agama (Islam). Dan barang siapa yang mening¬gal¬kannya (shalat), berarti ia meruntuhkan agama (Islam).” (HR ¬Bukhari)
Semoga kita termasuk orang-orang yang menegakkan agama Allah dengan shalat yang kita lakukan. Amin.

Tidak ada komentar: